solahudin.com

Apakah Covid-19 Akan Permanen?

Bagikan dengan:

Setahun lebih pandemi Covid-19 melanda dunia, termasuk Indonesia. Kita pun berharap pandemi ini segera berakhir. Akan tetapi yang terjadi justru diluar harapan, bukannya turun angka kasus positif terinfeksi virus corona malah menunjukkan tanda-tanda sebaliknya.

Kita ambil contoh Singapura, negara yang dianggap salah satu negara terbaik penanganan Covid-19, kini lockdown lagi. Hal yang sama terjadi dengan negara lain termasuk Indonesia, angka covid-19 kembali naik dan mengakibatkan banyak kematian

Wajar jika kemudian muncul kesimpulan bahwa Virus corona dengan nama ilmiah SARS-CoV-2, penyebab Covid-19, bisa menjadi musuh permanen kita, seperti flu tapi membunuh. Sehingga “Kembali” tidak akan menjadi pilihan; satu-satunya jalan adalah maju.

Apa artinya maju? Kita tidak bisa terus menunggu dan berharap pandemi akan berakhir. Misalnya ingin kembali membuka usaha menunggu pandemi berakhir, ingin sekolah tatap muka menunggu pandemi berakhir atau ingin bekerja menunggu pandemi berakhir.

Kita tidak bisa lagi kembali pada situasi sebelum pandemi. Hal pasti yang bisa kita lakukan yaitu beradaptasi dengan situasi pandemi untuk terus maju. Kita harus berpikir tentang jenis usaha yang bisa dijalani ditengah pandemi, berpikir sekolah tatap muka dan bekerja ditengah pandemi. Kita harus bisa terus maju menyerang sambil bertahan

Ingat kita tidak bisa menunggu apalagi berharap situasi kembali seperti sebelum pandemi.

Kontributor : Agus Sanusi | Aktivis Muda Purwakarta


Bagikan dengan:
__Terbit pada
23/06/2021
__Kategori
Ngotak