Ilustrasi

Apakah Data Yang Kamu Unggah Ke Internet Aman? Coba Cek Lagi

Bagikan dengan:

Berpikirlah dua kali sebelum memposting atau membagikan sesuatu secara online – karena postingan itu dapat tetap berada di internet selamanya dan dapat digunakan untuk membahayakan dirimu nanti. Jangan memberikan detail pribadi seperti alamat, nomor telepon, atau nama sekolahmu.

Pelajari tentang pengaturan privasi aplikasi media sosial favoritmu. Berikut adalah beberapa tindakan yang dapat kamu lakukan:

1.Kamu dapat memutuskan siapa saja yang dapat melihat profilmu, mengirimi pesan langsung atau mengomentari postingan kamu dengan menyesuaikan pengaturan privasi akun kamu.

  1. Kamu dapat melaporkan komentar, pesan, dan foto yang menyakitkan dan meminta media sosial tersebut untuk menghapusnya.
  2. Selain ‘unfriend’ atau ‘unfollow’, kamu dapat memblokir seseorang untuk menghentikan mereka melihat profilmu atau menghubungimu.
  3. Kamu juga dapat mengatur untuk dapat dikomentari oleh orang-orang tertentu saja tanpa harus benar-benar memblokir.
  4. Kamu dapat menghapus postingan di profilmu atau menyembunyikannya dari orang-orang tertentu.

Di sebagian besar media sosial favoritmu, biasanya orang-orang tidak akan diberitahu saat kamu memblokir, membatasi komentar, atau melaporkan mereka.

Hindari mengirimkan gambar, video ataupun informasi private di social media dengan orang lain.

Berpikirlah sebelum membagikan sesuatu yang bersifat pribadi atau pribadi karena tidak ada jaminan bahwa ini tidak akan jatuh ke tangan yang salah. Jika seseorang benar-benar peduli dengan kamu, mereka akan menghormati pilihan kamu untuk tidak memberikan informasi pribadi, foto, atau video.

Beri tahu teman dan keluarga kamu tentang pilihan online kamu.

Orang lain tidak akan pernah menghormati privasi kamu, sebagaimana kamu menjaga privasi kamu sendiri. 

Pastikan teman dan keluarga kamu mengetahui preferensi kamu tentang mengunggah gambar, menandai lokasi, atau berbagi informasi yang kamu harapkan akan dirahasiakan. 

Ini berfungsi dua arah, jadi pastikan kamu menghormati privasi orang lain dengan cara yang sama.

Waspadai pesan yang mencurigakan

Pesan dengan URL singkat di samping pernyataan seperti ‘Wah, lihat foto kamu disini…’ atau ‘Pernahkah kamu melihat apa yang mereka katakan tentang kamu…’ tidak+E16 bisa dipercaya.

Email phishing juga menjadi masalah. Ini adalah komunikasi palsu yang berpura-pura menjadi organisasi tepercaya seperti Facebook/Instagram/Twitter yang akan mencoba dan membuat kamu masuk. Mereka dapat terlihat sangat meyakinkan, dan bahkan memiliki info profil pribadi kamu, jadi masuklah ke situs hanya melalui halaman atau aplikasi resmi mereka. Jika ada sesuatu yang mencurigakan, periksa alamat email dan masukkan melalui mesin pencari. Pengirim jahat biasanya diberi nama dan dipermalukan secara online!

  1. Memiliki password tersendiri di akun yang tidak diketahui oleh orang lain 
  2. Ketika bermain sosial media perlu memahami beberapa etika seperti bagaimana membuat postingan yang baik dalam hal ini tidak menyinggung dan menganggu orang lain
  3. Tidak menulis atau menyebarluaskan data-data pribadi seperti alamat rumah, nomor telepon, alamat kantor, alamat email, dsb kecuali dalam hal-hal profesional yang telah dilindungi oleh pihak tertentu atau pihak hukum – Tidak memposting atau menyebarluaskan dokumen, foto, rekaman, atau hal-hal lainya yang bersifat pribadi atau perusahaan sehingga segala privasi Anda terjaga
  4. Tidak menyebarkan informasi yang tidak benar (hoax) yang belum dipastikan kebenarannya kepada khalayak publik
  5. Tidak memicu keributan, perdebatan, atau mencoba menghina orang lain melalui sosial media yang akan memicu tindak cyberbullying 
  6. Sebisa mungkin memiliki recovery account yang terhubung di nomor HP aktif, alamat email, atau kontak dari keluarga sehingga jika sewaktu-waktu terjadi peretasan akun, Anda bisa segera melakukan recovery
  7. Hindari berkomunikasi dan bertatap muka dengan orang yang tidak Anda kenal. Selalu meminta pendapat orang tua berkaitan dengan hal ini. 
  8. Saat mendownload suatu file, berupaya untuk memperhatikan hak cipta dari materi, film, jurnal, buku, musik, dan sebagainya sebagai bentuk penghargaan terhadap yang memiliki karya 
  9. Tidak memanggil nama orang lain dengan tujuan mengatakan kata-kata kasar, berbohong tentang mereka atau melakukan perbuatan yang dapat ditafsirkan mencoba untuk menyakiti atau mengintimidasi mereka.

Bagikan dengan:
__Terbit pada
08/04/2021
__Kategori
Ngotak