Kampus Merdeka

Benarkah Program Kampus Merdeka Sebagai Solusi?

Bagikan dengan:

Sebelum adanya program Kampus Merdeka, kampus dulunya sebagai tempat pendidikan dengan cara dosen secara langsung melakukan tatap muka dengan mahasiswa dalam sebuah ruangan kelas.

Pada program pembelajaran sebuah kampus seringkali menerapkan konsep pembelajaran dimana dosen menjadi seorang sumber utama. Ini tentunya akan menjadikan mahasiswa kurang mandiri dalam menyelesaikan berbagai upaya pemecahan masalah yang harus diselesaikan.

Selama ini pada dasarnya sebuah kampus sendiri menerapkan sistem pembelajaran dengan Satuan Kredit Semester (SKS) yang hampir keseluruhan mengharuskan adanya kegiatan belajar didalam kelas. Hal tersebut menunjukkan kurangnya kemerdekaan belajar yang harus dijalankan oleh setiap mahasiswa dalam melakukan pembelajarannya.

Lantas bagaimana kondisi kampus setelah adanya program yang dinamakan Merdeka Belajar tadi?

Apa itu Merdeka belajar?

Kampus Merdeka sebagai gagasan baru dari pengembangan pola pembelajaran di lingkungan kampus sebelumnya dan juga sebagai konsep baru yang membiarkan mahasiswa mendapatkan kemerdekaan belajar di perguruan tinggi.

Kampus Merdeka ini implementasi dari program pemerintah pusat guna menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

Perencanaan pada konsep kampus merdeka ini pada dasarnya hanya perlu untuk mengubah peraturan menteri saja.

Konsep kampus yang merdeka rencananya akan segera dilangsungkan untuk mendapatkan kualitas pembelajaran yang lebih berkualitas.

Kampus merdeka semester berapa?

Pada prakteknya, Kampus Merdeka memberikan keluasan kepada mahasiswa selama dua semester pada program belajarnya untuk melakukan kegiatan diluar kelas.

Konsep ini pada dasarnya menjadikan mahasiswa untuk lebih bersosialisasi dengan lingkungan diluar kelas.

Jadi, mahasiswa nantinya secara tidak langsung akan diajak untuk belajar caranya hidup di lingkungan masyarakat.

Pada dasarnya kebijakan tersebut bertujuan untuk dapat mengenalkan adanya dunia kerja pada mahasiswa sejak dini.

Sehingga kemudian mahasiswa akan jauh lebih siap kerja setelah nantinya lulus dari sebuah perguruan tinggi yang tersedia.

Kampus merdeka kapan diterapkan?

Program Kampus Merdeka pun dijadwalkan akan dilaksanakan bertahap. Dimulai ketika semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021.

Kebijakan ini mengacu pada pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi, yang isinya antara lain memberi kebebasan kepada mahasiswa mengambil SKS di luar perguruan tinggi sebanyak dua semester dan di dalam perguruan tinggi dengan program studi yang berbeda.


Bagikan dengan:
__Terbit pada
10/02/2021
__Kategori
Ngotak