Generasi Milenial Berhak Ikut CPNS

Generasi Milenial Berhak Ikut CPNS, Tapi..

Bagikan dengan:

Mendaftarkan diri sebagai peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sejatinya langkah baik yang mungkin langkah ini  juga bisa dilakukan oleh kita selaku Generasi Milenial. Terlebih, para orang tua masih banyak yang mendambakan anaknya menjadi Pegawai Negeri SIpil (PNS) yang katanya hidupnya terjamin

Sebuah pelajaran yang terjadi pada kisah di tahun 2018 silam, ada seorang bernama Muhammad Khamzah Syawal yang diberitakan oleh beberapa media seperti BBC, Muhammad Khamzah Syawal ini sebetulnya enggan jadi pegawai negeri. Sebagai anak, dia merasa punya kewajiban menyenangkan orang tuanya dengan cara memenuhi permintaan mereka.

“Mungkin pemikiran orang tua mengenai ‘pekerjaan yang layak’ tidak jauh-jauh dari PNS, sehingga orang tua meminta saya untuk tes,” kata Muhammad Khamzah Syawal.

Pada saat itu, Muhammad Khamzah Syawal memiliki mimpi besar untuk berkarir di dunia pendidikan tinggi, sehingga dirinya menjalani dua proses secara bersamaan.Yaitu melanjutkan pendidikan kuliahnya sembari mengikuti tes berbagai tes untuk bisa mewujudkan mimpi besar yang didambakan oleh Muhammad Khamzah Syawal.

Terlepas dari perpolitikan di Indonesia, apabila kita mengingat, dulu ada salah satu tokoh politik Indonesia yaitu Megawati Soekarno Putri pernah mengatakan bahwa Generasi Milenial tidak boleh terlalu dimanjakan. “Anak muda kita, aduh saya bilang ke presiden, jangan dimanja”, kata Megawati, pada Rabu, (28/10/2020).

Sekali lagi, bukan soal jalan politik saya menyebutkan nama Megawati dalam tulisan ini, meskipun pada saat Megawati mengatakan Generasi Milenial jangan terlalu dimanjakan pada konteks Generasi Milenial banyak yang melakukan demonstrasi yang dinilai anarkis sehingga banyak fasilitas publik yang rusak pada saat demo penolakan Omnibus Law itu.

Tidak ada yang mengatakan bahwa CPNS ini jalan ninja yang salah bagi Generasi Milenial, tidak ada pula yang melarang Milenial ikut daftar CPNS. Bagi yang sudah mendapatkan SK dan diangkat menjadi PNS pada usia muda mohon jangan merasa tersentuh, bahkan saya pribadi bangga dengan prestasi anda yang sudah bisa menuju mapan dengan prestasinya. Sejatinya manusia memiliki pilihan, memiliki kesadaran dan saya secara pribadi sadar belum tentu seperti anda lolos tes CPNS. Selamat ya ;).

Nah, apa sih kelebihan Generasi Milenial dibanding dengan generasi lainnya? Selain Generasi Milenial memiliki kelebihan lebih muda dibanding dengan generasi lainnya, secara karakteristik Generasi Milenial juga memiliki keunikan sendiri. Bagaimana tidak, generasi ini umumnya ditandai oleh peningkatan penggunaan dan keakraban dengan komunikasi, media, dan teknologi digital.

Di sebagian besar belahan dunia, pengaruh mereka ditandai dengan peningkatan liberalisasi politik dan ekonomi; meskipun pengaruhnya masih diperdebatkan. Masa Resesi Besar (The Great Recession) memiliki dampak yang besar pada generasi ini yang mengakibatkan tingkat pengangguran yang tinggi di kalangan anak muda, dan menimbulkan spekulasi tentang kemungkinan krisis sosial-ekonomi jangka panjang yang merusak generasi ini. Begitu kata Wikipedia.

Kelebihan itu seharusnya menjadi modal besar yang bisa dimanfaatkan oleh Generasi Milenial untuk mencari jalan ninja lain yang bisa mengangkat harkat dan martabat diri menjadi lebih baik lagi secara elegan dan tentunya kekinian.


Bagikan dengan:
__Terbit pada
31/05/2021
__Kategori
Ngotak