Ini Dia Tanaman Jahe, Si Rimpang yang Kaya Akan Manfaat!

Bagikan dengan:

Ini Dia Tanaman Jahe, Si Rimpang yang Kaya Akan Manfaat! Fakta sekali kalau tanaman ini menjadi rempah-rempah tradisional dan ampuh khasiatnya. Tak hanya menjadi bumbu dapur, bahkan sudah berabad-abad lamanya dijadikan obat herbal. Saking banyaknya manfaat dalam tanaman ini, bisa diolah menjadi apapun. Tanaman yang tak hanya untuk dunia kesehatan, namun berkhasiat untuk dunia kecantikan.

Tanaman dengan nama latin Zingiber officinale ini satu famili dengan tanaman herbal lain seperti kunyit, kencur, dan lengkuas. Sebagian besar masyarakat hanya tahu pengolahan jahe menjadi jamu saja dan hanya untuk meredakan nyeri otot. Padahal masih banyak lagi manfaat yang terkandung didalamnya.

Tanaman Jahe Bermanfaat Untuk Dunia Kesehatan? Apa Saja, Ya?

1. Tanaman Jahe Mampu Memperlancar Sistem Pencernaan

Sudah dipercaya dari generasi ke generasi, tanaman jahe sudah ampuh untuk mengatasi masalah pencernaan. Kandungan phenolic dalam jahe misalnya, bisa meredakan gejala iritasi gastrointesnital, dan mencegah adanya kontraksi pada perut. Sehingga khasiat jahe ini dapat membantu melancarkan pergerakan makanan dan minuman selama dalam pencernaan.

Baca juga!  Aplikasi WhatsApp dan HP Kok Seperti Main Kejar-kejaran

2. Meredakan Rasa Mual

Bagi ibu hamil yang mengalami morningsickness, maka akan merasakan mual yang luar biasa. Kandungan di dalam jahe bisa mengatasi masalah tersebut. Pasien yang mengalami vertigo dan efek samping pengobatan kanker pun bisa lakukan hal ini. Konsumsi jahe dalam bentuk olahan minuman atau permen, dan rasa mual pun perlahan akan berkurang.

3. Meredakan Nyeri pada Otot dan Sendi

Kandungan inflamasi dan efek analgesik yang terdapat pada tanaman jahe ini, dipercaya mampu mengatasi rasa nyeri pada otot. Sebuah hasil studi yang telah diterbitkan Journal Pain menyebutkan, bahwa mengonsumsi sedikit jahe dapat membantu mengatasi peradangan.

4. Mencegah Adanya Kanker

Tak hanya sekedar meringankan gejala sakit ringan, tanaman ini pun bisa mencegah penyakit beresiko besar. Kandungan gingerol dan phytonutrient dalam jahe berperan dalam mencegah adanya kanker. Peneliti telah menguji bahwa gingerol ini dipercaya dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

Baca juga!  Aplikasi WhatsApp dan HP Kok Seperti Main Kejar-kejaran

5. Efektif Menurunkan Berat Badan

Telah dibuktikan pada sebuah penelitian studi di Columbi University bahwa mengonsumsi jahe panas dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Akibatnya, Anda cenderung tidak akan mengonsumsi makan dalam porsi yang banyak. Tentu saja, menggunakan tanaman jahe ini menjadi langkah efektif untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Lalu, Apa Saja Manfaat Tanaman Ini Untuk Dunia Kecantikan?

1. Mampu Mengatasi Jerawat pada Wajah

Kandungan anti-inflamasi pada jahe selain meredakan nyeri, juga ampuh dalam mengatasi adanya jerawat pada wajah. Jahe bisa membantu jerawat agar cepat kering dan menghilangkan bekas tersebut. Dengan mengolah jahe ini menjadi masker wajah, Anda bisa merasakan khasiatnya.

2. Mencegah Adanya Penuaan Dini

Bagi siapapun yang ingin wajahnya terlihat lebih muda dan tetap segar, langkah mencegah penuaan dini menjadi salah satu caranya. Hal yang bisa dilakukan, dengan melakukan perawatan dari tanaman jahe untuk menghindari kerutan pada wajah. Jahe pun dipercaya mampu membantu meremajakan kulit.

Baca juga!  Aplikasi WhatsApp dan HP Kok Seperti Main Kejar-kejaran

3. Dapat Mencerahkan dan Mengontrol Minyak Berlebih Pada Kulit Wajah

Khasiat jahe untuk mencerahkan kulit memang sudah terbukti adanya. Bahan alami dari dapur ini dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Seringkali terdapat noda kusam pada wajah, hal ini karena adanya sel kulit mati yang menumpuk. Cobalah menggunakan jahe sebagai scrub untuk wajah untuk mencerahkan kulitmu secara rutin.

Tanaman jahe pun mampu mengontrol minyak berlebih pada wajah. Jika kulit wajah Anda berjerawat, bisa jadi karena kandungan produksi minyak yang berlebih. Anda bisa mencoba menggunakan tanaman ini untuk mengatasi kulit berminyak pada wajah.

Demikianlah uraian manfaat yang terkandung dalam tanaman jahe. Sangat mengejutkan sekali bukan? Bahwa tanaman rimpang ini dipercaya mampu mengobati sel kanker. Bahkan mudah sekali untuk diaplikasikan olah Anda yang menginginkan wajah tetap bersih dan segar. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!


Bagikan dengan:
__Terbit pada
27/08/2021
__Kategori
Ngulas