solahudin.com

Pilkades Sebagai Media Belajar Politik Bagi Pemuda

Bagikan dengan:

Gelaran pemilihan Kepala Desa (Pilkades) merupakan wahana pembelajaran politik paling berharga untuk kaum muda Desa. Seperti apa yang kita ketahui bahwa politik adalah bagian dari sarana untuk mencapai tujuan, maka kita harus pastikan berbagai tujuan itu semata hanya untuk Desa yang lebih baik.

Pilkades adalah kontestasi yang tak boleh luput dari pengawasan serta keikutsertaan Pemuda di dalamnya.

Sejarah mencatat bahwa, banyak gerakan yang di prakarsai oleh golongan muda sangat berpengaruh dan memiliki perubahan besar untuk kemajuan di wilayahnya.

Pemuda dalam pusaran politik Pilkades harus berhati-hati dan lebih teliti dalam menentukan atau memilih calon pemimpin di desanya. Harus selektif, jangan hanya terfokus dengan siapa yang akan memberi uang dengan jumlah besar, karena untuk membentuk Desa maju, Desa Wisata, Desa Ekomomi, Desa digital dan lain-lain adalah bentuk kreativitas, inovasi dan kerja keras dari kepala Desa. Di bantu oleh masyarakat yang mendukung, terlebih anak muda yang mau turut serta menuangkan Ide dan gagasan kekinianya untuk kemajuan Desa. Kepala Desa adalah salah satu faktor utama Kemajuan Desa.

Pilkades adalah proses demokrasi di tingkatan paling kecil dengan potensi gesekan yang besar, mengapa demikan? Karena jumlah ruang lingkup pemilih yang kecil membuat politik di desa sangat terasa secara langsung. Obrolan-obrolan di sebuah tongkrongan warung kopi dengan tetanggapun mesti berhati-hati. Jangan sampai menyinggung dan menyakiti hati calon kepala Desa pilihan hati tetangga, sahabat, keluarga, dan lainya karena bisa baper berlebihan. Pemuda harus terlibat juga dalam menjaga kondusifitas di wilayahnya masing-masing serta penjadi pelopor Pilkades yang Aman, Jujur, Terbuka dan menggembirakan.

Saatnya pemuda ambil bagian dalam perhelatan demokrasi Desa. Ambil peranan penting dalam menentukan arah masa depan Desa. Muda adalah potensi. Kolaborasi antara kaum muda dan sepuh sangat di butuhkan untuk merumuskan tentang apa yang harus di lakukan oleh Desa agar apa yang di sebut kesejahteraan bisa tercipta, ekonomi merata, pelayanan maksimal dengan gotong royong dan sebagainya.

Potensi di sebuah pedesaan sangat banyak jika masyarakat terkhusus anak mudanya sadar dan bisa menata ekosistem serta mengelola seluruh aset yang ada dengan baik. Kita harus sadari bahwa banyak yang harus di perbaiki, banyak yang harus di kerjakan, banyak yang harus di perjuangkan demi mengejar semua ketertinggalan agar Desa bisa maju dan sejahtera serta ruang lingkup demografinya bisa lebih baik lagi.

Tidak harus pergi kemana-mana. Desa menjadi tempat yang sangat realistis untuk bisa mewujudkan mimpi-mimpi besar di masa depan bagi anak-anak muda, tapi tentu itu harus di iringi dengan perencanaan yang matang, semangat berjuang yang tinggi serta do’a kepada Tuhan yang Maha kuasa

Semoga kita menjadi orang yang tinggal di Desa tapi rejeki kota, bisnis mendunia. Dan, kampung halaman adalah rumah kita. Sepahit apapun omongan tetangga, sepelik apapun lingkungan kita, seberapa banyakpun orang yang berbicara tentang baik buruknya kita kampung halaman adalah rumah ternyaman dalam hidup ini. Mari, cintai Desa berikut seluruh isinya dengan senantiasa peduli satu sama lain.

Author: Deri Maulana Yusup| Aktivis Muda Desa


Bagikan dengan:
__Terbit pada
12/03/2021
__Kategori
Ngotak