Tanjakan Cae

Turut Berduka Cita Atas Kecelakaan Bus di Sumedang, Sekilas Tentang Tanjakan Cae

Bagikan dengan:

Pada Rabu, 10 Maret 2021, kita dikagetkan dengan adanya kecelakaan Kecelakaan Bus di Sumedang. Kabarnya, merupakan rombongan Ziarah ke Pamijahan, Tasikmalaya dari siswa SMP IT Al Muawanah, Cisalak, Subang.

Kecelakaan bus di Sumedang itu terjadi di Tanjakan Cae, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, sekitar pukul 18.30 WIB.

Dari beberapa informasi, bus itu bermuatan sebanyak 66 orang. Sebanyak 39 orang dinyatakan selamat dan 27 orang lainnya meninggal dunia.

Dalam melakukan olah TKP dan evakuasi para korban dan bus yang mengalami kecelakaan itu, petugas sempat melakukan penutupan akses jalan alternatif Malangbong-Wado. Sementara akses jalan dialihkan ke jalan Cibugel Limbangan.

Polda Jabar yang melakukan evakuasi kecelakaan ini menerjunkan alat berat Crane.

Doa kan semoga para korban atas kejadian ini meninggal dalam keadaan layak, diterima disisi Tuhan dan diampuni segala dosanya.

Cerita Tanjakan Cae

Pada saat kejadian, dari hasil analisa para petugas, posisi jalan Malangbong-Wado dalam keadaan licin karena dalam keadaan hujan. Spekulasi lain yang disebutkan oleh warga sekitar, tanjakan tersebut penuh dengan cerita mistis.

Tanjakan Cae yang merupakan tempat kejadian kecelakaan maut itu, menurut warga Cae berasal dari kata Cai, yang artinya air. Kemudian disebutlah menjadi Tanjakan Cae, yaitu tanjakan yang penuh dengan air.

Kawasan Tanjakan Cae sering diguyur hujan lebat yang menurutnya tidak masuk akal. Ia menjelaskan bahwa air hujan turun hanya di kawasan Tanjakan Cae saja.

Sebelum kejadian bus yang membawa rombongan peziarah dari SMPIT Subang ini jatuh ke jurang Tanjakan Cae, dua tahun kebelakang juga sempat terjadi hal yang sama bus mini jatuh di dekat jembatan Cae.

Namun, itu hanya cerita warga sekitar yang secara turun temurun terus diceritakan dan orang-orang yang ada di sekitaran Tanjakan Cae katanya sudah tidak asing dengan cerita mistis yang ada di Tanjakan Cae.


Bagikan dengan:
__Terbit pada
11/03/2021
__Kategori
Berita